PERTEMUAN
KEEMPAT
Pada
pertemuan ini kami membahas tentang “ MODEL PEMBELAJARAN ASSURE “ .
A. DEFINISI
MODEL ASSURE
ASSURE model adalah salah satu petunjuk dan
perencanaan yang bisa membantu untuk bagaimana cara merencanakan,
mengidentifikasi, menentukan tujuan, memilih metode dan bahan, serta evaluasi.Sekarang ini para pengajar atau guru dihadapkan
dengan tantangan bagaimana cara mengajar degan baik dan bisa diterima baik oleh
para muridnya. Tentu saja ini bukan tantangan ringan, karena tiap pengajar dari
tiap daerah mempunyai kelebihan dan kekurangan dari berbagai aspek pendidikan,
entah itu fasilitasnya,jenis muridnya, dan lain-lain.
Pengajar juga harus
mempunyai strategi yang jitu untuk setidaknya membuat pengajaran menjadi mudah
dan bisa diterima oleh siswa, karena sulit membuat pengajaran bisa diterima
oleh semua siswaModel assure ini merupakan rujukan bagi pendidik dalam membelajarkan
peserta didik dalam pembelajaran yang direncanakan dan disusun secara
sistematis dengan mengintegrasikan teknologi dan media sehingga pembelajaran
menjadi lebih efektif dan bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran dengan
menggunakan ASSURE Model mempunyai beberapa tahapan yang dapat membantu
terwujudnya pembelajaran yang efektif dan bermakan bagi peserta didik.
B. TAHAPAN
MODEL ASSURE
1. ANALYZE LEARNER
(Analisis Pembelajar)
a. General
Characteristics (Karakteristik Umum)
b. Specific
Entry Competencies ( Mendiagnosis kemampuan awal pembelajar)
c. Learning
Style (Gaya Belajar)
2. STATE STANDARDS AND OBJECTIVES
(Menentukan Standard Dan Tujuan)
Dalam merumuskan tujuan dan standar
pembelajaran perlu memperhatikan dasar dari strategi, media dan pemilihan media
yang tepat. Ada beberapa alasan mengapa tujuan perlu dirumuskan dalam merancang
suatu program pembelajaran seperti yang dijelaskan oleh Wina Sanjaya (2008 :
122-123) berikut ini :
1. Rumusan
tujuan yang jelas dapat digunakan untuk mengevaluasi efektifitas keberhasilan
proses pembelajaran.
2. Tujuan
pembelajaran dapat digunakan sebagai pedoman dan panduan kegiatan belajar
siswa.
3. Tujuan pembelajaran dapat membantu dalam
mendesain sistem pembelajaran
4. Tujuan
pembelajaran dapat digunakan sebagai kontrol dalam menentukan batas-batas dan
kualitas pembelajaran.
3. SELECT STRATEGIES, TECHNOLOGY, MEDIA, AND
MATERIALS (Memilih, Strategi, Teknologi, Media dan Bahan
ajar)
Memilih
format media dan sumber belajar yang disesuaikan dengan pokok bahasan atau
topik. Peran media pembelajaran menurut Smaldino
·
Memilih , Mengubah, dan Merancang Materi
4. REQUIRE LEARNER PARCIPATION
(Mengembangkan Partisipasi Peserta Didik)
Tujuan
utama dari pembelajaran adalah adanya partisipasi siswa terhadap materi dan
media yang kita tampilkan.
1. Latihan
Prnggunaan Teknologi
2. Umpan
Balik
5. EVALUATE AND REVISE
(Mengevaluasi dan Merevisi)
Penilaian
dan perbaikan adalah aspek yang sangat mendasar untuk mengembangkan kualitas
pembelajaran. Penilaian dan perbaikan dapat berdasarkan dua tahapan yaitu:
1. Penilaian
Hasil Belajar Siswa,
2. Menilai
dan Memperbaiki Strategi, teknologi dan Media ,Revisi
Strategi, Teknologi, dan Media.
C. MANFAAT
ASSURE MODEL DALAM PEMBELAJARAN
Secara
sederhana manfaat dari model ASSURE Sederhana, relatif mudah untuk diterapkan.
1. Karena
sederhana, maka dapat dikembangkan sendiri oleh pengajar.
2. Komponen
KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) lengkap.
3. Peserta
didik dapat dilibatkan dalam persiapan untuk KBM.
· Mengenai
rencana awal penerapan model assure di SMP MUHAMMADIYAH JETIS BANTUL dapat
dilihat pada postingan sebelumnya.
No comments:
Post a Comment